• Maleos of Tompotika

Selamat datang di Aliansi Konservasi Tompotika

AlTo: Melindungi Warisan Alam di Pusat Keanekaragaman Hayati Dunia

Indonesia adalah pusat kekayaan keanekaragaman hayati di dunia ini. Idonesia memiliki lebih banyak spesies tumbuhan dan binatang di habitat daratan, air tawar dan lautan dibandingkan dengan semua negara lain di dunia.

Indonesia juga memiliki lebih banyak spesies yang terancam punah dibandingkan dengan semua negara lain. Banyak di  antaranya yang terancam oleh kelakuan  manusia.

Aliansi Konservasi Tompotika /Alliance for Tompotika Conservation, yang disingkat “AL-TO,” adalah kemitraan internasional yang bertujuan memperbaiki pertalian antara manusia dan alam semesta di mana kita berada.

AlTo memusatkan perhatiannya pada suatu tempat yang sangat istimewa bagi Indonesia yaitu Kepala Burung Tompotika, di Sulawesi Tengah, Indonesia.

Bersama dengan masyarakat setempat, AlTo bergerak untuk melestarikan spesies dan habitat yang terancam sambil membangun etika konservasi yang kuat dan tangguh.

Sejalan dengan itu, AlTo berupaya untuk mendukung  martabat, swasembada dan kelangsungan dari masyarakat yang terkait dengan sistem alami tersebut.

Program Lapangan: Tindakan yang Nyata

Program-program AlTo di lapangan bekerja secara langsung untuk melindungi satwa Tompotika yang paling terancam dan unik baik di lingkungan daratan maupun lautan.

Melalui kemitraan dengan masyarakat setempat, AlTo telah memperbaiki turunnya populasi burung maleo yang terancam punah; melindungi sarang penyu, anak penyu, dan penyu dewasa; melestarikan kelelawar, yang mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan ekosistem alami; dan melindungi hutan asli Tompotika, yang begitu penting bagi segala bentuk kehidupan dan kesehatan di bumi ini.

© Suzanna Leigh/AlTo

© Suzanna Leigh/AlTo

AlTo juga membantu masyarakat yang berpartisipasi dalam upaya konservasi dengan beberapa Manfaat bagi Masyarakat, dan pola Mata Pencarian Alternatif.

Program Outreach: Menguggah Perubahan Pikiran dan Hati

Namun, sukses jangka panjang dalam upaya konservasi bergantung pada masyarakat manusia yang mengenal dan menghargai warisan alam mereka.

Program Outreach AlTo meliputi Kampanye Kesadaran Konservasi dalam sekolah; upaya outreach yang khusus ditujukan kepada pihak Penegak Hukum; serta perjalanan kelompok “people-to-people” dimana pengunjung bekerja sama dengan warga Tompotika dalam proyek konservasi.

Lebih dari itu, karena menikmati dan mensyukuri alam yang kita cintai ini adalah bagian yang penting dari hakikat kita sebagai manusia, kadang-kadang AlTo juga mensponsori proyek Seni Bagi Konservasi.

Dalam Kebersamaan

AlTo adalah kemitraan antara sebuah Yayasan LSM yang terdaftar di Indonesia dengan organisasi nirlaba “501(c)(3)” di Amerika Serikat, yang memiliki badan Dewan Pembina di masing-masing negara. AlTo bekerja sama secara langsung dengan masyarakat setempat, karena kami percaya bahwa perubahan yang berarti dalam pertalian antara manusia dan alam lain harus mulai dengan orang yang langsung turun ke lapangan. Merekalah yang bangun diiringi kicauan burung, bercocok tanam di kebun, dan mandi di sungai.

© Gary D. Bernard/AlTo

© Gary D. Bernard/AlTo

Sejalan dengan ini, AlTo mencoba untuk mempersatukan orang-orang dari berbagai bidang kehidupan guna mencari solusi. Kita semua lah yang merusak bumi kita maka kita semua juga lah yang harus memperbaikinya bersama.

Kami percaya bahwa kita manusia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari alam semesta. Masa depan kita berkaitan erat dengan kesehatan dari tumbuhan, binatang, dan sistem-sistem alami ini.